Rabu, April 07, 2010

Cerpen : Suksesnya Go Green

Kenalin, namaku Rara. Mungkin kalian heran sama duniaku, soalnya aku hidup di dunia yang beda sama dunia kalian. Pasti, waktu kalian baca cerita ini, kalian lagi memasuki abad 20an. Mungkin abad 21, dan seterusnya. Tapi cerita ini beda.
Sekarang, waktu aku nulis cerita ini, lagi tahun 5745. Berarti abad keberapa yah? Ya, itung sendiri lah. Dunia, terutama Indonesia, hidup damai dan aman. Nggak ada gangguan apa-apa, bahkan bencana pun jarang terjadi.
Aku jadi heran, kenapa bisa dunia sehebat ini ya? Padahal dulu, setauku, dunia itu dipenuhi hal-hal yang berbau nakutin. Misalnya ya, ada bencana banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya. Sekarang, bencana-bencana itu jarang banget terjadi. Kenapa ya?
Mungkin, gara-gara keadaan bumi berubah. Dulu bumi pernah diisuin memanas gara-gara pemanasan global, tapi sekarang bumi udah kembali aman.
Jadi, aku bisa nyimpulin, kalo dunia ini bertahan karena usaha manusia di zaman dulu, mungkin zaman kalian. Manusia di zaman kalian, berusaha untuk nyegah yang namanya global warming, alias pemanasan global. Dengan gerakan, yang umumnya dikenal dengan Go Green.
Banyak banget manfaat Go Green, yang mungkin belom kalian rasain di zaman kalian. Tapi, sekarang kami semua yang hidup di dunia ngerasain itu. Dari mulai bertahannya bumi ini, hingga masih bisa mampu menampung manusia-manusia, sampe berbagai ramalan kiamat yang terbukti salah. Semua itu, karena usaha kalian di zaman kalian.
Lewat tulisan ini, aku mewakili semua manusia di bumi ini, tahun 5745 dan tahun-tahun selanjutnya, mengucapkan banyak terimakasih untuk kalian yang udah nyuarain Go Green dimana-mana. Dan buat kalian yang udah menyelamatkan bumi ini dari bahaya global warming. Mungkin, kalo kalian acuh tak acuh sama bumi ini, aku dan seluruh manusia sekarang nggak akan pernah hidup. Terimakasih :)

Jadi, dari cerita diatas, apa yang bisa kita ambil?
Mungkin, cerita itu cuma khayalan belaka, ya nggak nyata lah. Emang bisa orang zaman tahun 5700an nulis cerita trus kita bisa baca? Haha, mimpi. Tapi di cerita itu ada hikmah yang bisa kita ambil lho ..
Sadar nggak sih kita, selama ini tuh kehidupan anak cucu kita bergantung sama kita? Ini semua terserah kita, kita mau ngapain bumi ini, yang jelas kehidupan anak cucu kita, pasti nggak akan ada kalo kita terus-terusan cuek sama program Go Green dan program-program penghijauan lainnya. Dan kita bisa mempercepat global warming, yang ujung-ujungnya dunia hancur. Gimana dong?
Oke deh, mulai dari hal kecil aja deh. Contohnya, kita nanem pohon, trus kita rawat tiap hari. Disiram, dipupuk, ya dan sebagainya lah. Nanti kalo pohon itu udah besar, baru deh kita ngerasain manfaatnya.
Sama kayak Go Green. Mungkin sekarang manfaatnya nggak terlalu kerasa. Tapi nanti waktu zaman udah ganti, dan giliran anak cucu kita yang nikmatin dunia ini, baru deh kerasa manfaatnya.
Jadi, gimana? :)
Oleh : Alyssa Makarima

0 komentar:

Posting Komentar